Minggu, 24 April 2016

3 Alasan Gue Berenti Total Menjadi Wota JKT48

Apa kabar semuanya? Maap lama gak nulis, masih ngurus skripsi yang sungguh menganiaya (kayak sebelumnya rajin nulis aja wkwk)

Yap, di kesempatan kali ini gue mau nulis beberapa kesan dan pesan menjadi fan dari sebuah idol group yang dilokalisasi (nyebutnya gak enak banget, localized aja dah wkwk) JKT48 dari grup induk mereka AKB48.

Tulisan-tulisan gue sebelumnya banyak bener tentang JKT48, apalagi pas baru sebulan-dua bulan kena, yah emang lagi gila-gilanya itu. Udah gue tulis sih, cuman alasan nomor satu gue ngefans sama mereka karena lagu-lagu mereka me-recall kenangan masa kecil gue yang indah saat nonton kartun di minggu pagi dan main playstation 1. Maka dari itu dalam tempo 4 bulan pertama demen gue bahkan nonton teater JKT48 sampai 10 kali. Rinciannya: Dareka no Tame ni tim J empat kali, Pajama Drive KIII sekali, Boku no Taiyou tim J dua kali dan tim KIII sekali, terus Seishun Girl sekali. Bisa diliat gue nonton teater DnT sama BnT lebih dari sekali, karena di setlist itu banyak lagu yang sangat-sangat gue suka.

Gue juga dua kali dateng ke acara Handshake, pertama beli satu cd, kedua khilaf sampe beli 11 cd. Ya selama baru kena gue emang lagi gila-gilanya, tapi pada agustus 2015 gue memutuskan untuk berhenti total ngikutin JKT48. Lho kenapa?

Seenggaknya ada tiga alasan kenapa pada akhirnya dari gila banget sampe sedikit menyesal pernah ngefan..

1. Staf Teater yang Gak Ramah dan Gagal Menghormati Pelanggan yang Datang

Okelah, mungkin kalian pada nanya kenapa gue nonton teater sampe 10 kali padahal perlakuan stafnya gak ramah ke pengunjung. Ya karena gue lagi gila-gilanya jadi yaudah gini deh gak memperdulikan perlakuan staf tersebut pada awalnya. Dan gue beneran kecanduan sama beberapa lagu terjemahan AKB48 milik mereka kayak Seifuku ga Jama wo Suru, Bird, dsb yang cuma bisa gue nikmati di teater dan the best part is, mereka nyanyiin lagu-lagu itu tanpa lipsync di teater, gak kalo di tv, jadi yasudah gue terus khilaf sampe 10 kali lol.

Gue ceritain aja nih ya beberapa perlakuan gak nyaman yang gue dapetin dalam 10 kali nonton teater itu, seenggaknya ada empat yang gue inget, yang lain antara minor sama gue lupa

Cerita pertama: ini kalo gak salah pertama kali gue nonton teater, jadi gue dapet temen baru di sana, singkat cerita dia ngajakin gue duduk di panggung karena banyak orang yang duduk di sana sambil nunggu pintu keluar buat dibuka, daripada ngantri diri mending duduk, begitu pikir gue. Oke akhirnya kita duduk di sana dan memang gak boleh duduk di sana, gue pun ngerti apalagi di AKB48 tahun 2014 ada kasus pembacokan member oleh fan sehingga pengetatan keamanan juga diberlakukan di sini tanpa terkecuali. Tapi alih-alih mengusir saya dengan sopan, salah satu staf teater malah menyenterin mata saya sambil bilang "Mas, jangan duduk di sini". WTF man, lo bisa kan bilang dengan sopan "mas maaf jangan duduk di panggung" gak perlu nyuruh kasar sambil nyenterin lampu senter ke mata gue...

Cerita kedua: gue sama temen yang sama akhirnya nonton teater bareng lagi dan waktu itu lagi spesial show jadi rame mampus dan akhirnya antrian buat keluar pun lama. kitapun duduk tapi di kursi karena udah pengalaman kan daripada dimarahin lagi. Tapi antrian yang panjang banget bikin kita duduk di kursi itu lama, dan tiba-tiba satpam teater lagi-lagi nyenterin mata gue dan. bilang "keluar". Really broh, bisa kan bilang, "maaf mas silahkan mengantri keluar teaternya sudah selesai" tanpa perlu nyenterin mata dan membentak? Fuck you man.

Cerita ketiga: kali ini gue nonton sendirian dan ada spesial show lagi jadi rame mampus, dan waktu gue masuk ada banyak kursi kosong dan gue nanya ke satpamnya,"ini kosong gak pak?" dia gak ngejawab, yaudah gue kira boleh dan gue selonong boy duduk, eh ternyata gue ditarik dan didorong lalu satpam tersebut melakukan gestur "sana pergi" tanpa mengucap sepatah kata pun. Ternyata kursi-kursi tersebut direservasi buat orang tua anggota JKT48 yang nonton. Hampir semuanya dateng jadi gue sebenernya gak masalah sama itu, tapi yang jadi masalah adalah. Gue bayar tiket masuk pertunjukan itu sebesar 2 kali nonton bioskop hanya untuk diperlakukan layaknya kucing/anjing yang masuk rumah tanpa izin! Mati aja lu kampret!

Cerita keempat: ini bukan gue sih yang ngalamin tapi gini ceritanya, si satpam mengusir orang yang berkumpul di lobi teater setelah mereka membeli merch berupa foto dengan sangat tidak sopan. "Eh, jangan menuh-menuhin teater, pergi lo semua dari sini, gue ambil fotonya nih" sambil dorong-dorong mereka secara tidak sopan, terus satpam itu jalan dengan cepat ke arah gue dan nabrak gue tanpa minta maaf atau apa. Broh itu orang yang beli foto secara langsung bayar gaji lo kali, sopan dikit kek dan kalo punya mata kudunya hati-hati kalo jalan.

2. Member berbakat gak gitu dipeduliin. Yah ini gak perlu gue bahas panjang lebar karena di AKB48 juga kejadian, jadi ini murni selera pribadi jadi yang ini biarpun masuk abaikan aja.

3. Udah mah lipsync kaga niat lagi dan kualitas fisik cd jelek. Udah rahasia umum kalo dance act itu hampir semua lipsync di waktu tertentu,, misal kalo jadwal mereka lagi padet jadi suara mereka kurang maksimal, atau daripada malu-maluin suaranya ancur mending lipsync aja, ngerti gue. Tapi mbok ya niat dikit napa... Jadi kan tiap ada show luar, member yang ditunjuk gak pernah sama, tapi kok ya suara rekamannya dari cd gak diubah gitu, misal nih yah haruka gak bisa tampil karena ada kerjaan lain, terus diganti sama ilen, cuman pas ilen nyanyi suaranya suara haruka.... Broh?
Sama kualitas fisik cd jelek wajar sih murah dan ujung-ujungnya cuma buat event handshake doang jadi dibuang paling kelarannya, ini opini pribadi lagi deh jangan dianggap serius wkwk..

Sebenernya sih gue sekarang juga udah gak ngikutin AKB48 lagi karena lagu-lagu terbaru mereka beneran unlistenable dan gue percaya kalo sebuah act yang gue suka secara berturut-turut bikin 2 single jelek maka gue anggap karya mereka selanjutnya bakal konsisten jelek dan selama ini blom ada act yang udah gak gue ikutin ngeluarin rilisan bagus lagi sejak dua kali ngeluarin rilisan jelek.
Oke ada satu lagu agak baru AKB yang gue suka, 365 nichi no kami hikouki (365 hari pesawat kertas) tapi belasan lagu yang lainnya bener-bener dah...

Terakhir gue update sih sekarang teater JKT48 udah mulai sepi kecuali hari ultah member atau spesial show, mungkin banyak yang ngalamin hal yang sama kayak gue, yaitu dikasarin sama staf teaternya sehingga ini akibatnya.

Yap itulah tadi tulisan mengenai alasan gue berenti total dari fase gila parah jadi wota JKT48. Semoga kedepannya staf teater mereka makin ramah biar JKT48 tetep ada yang nonton teaternya dan gak disband wkwk.

salam,
riduch

6 komentar:

  1. Hohhh... pernah ngalamin kejadian seperti itu toh.n. satpamnya galak beneerrr.... ckckck.... meskipun ga pernah ke teater jkt48, tp rumornya sering sepi... yah gimana yah? Kayaknya 48fam emg lagi ngalamin penurunan drastis. Seperti kapal yg karam, perlahan2 mulai tergenan air. Yang gue malesin adalah kalo karamnya ngajak2 grup lain, khususnya nogi. Wkwkwkw
    Kira2 lain ceritanya gak yah, kalo nogi bikin sakamichi series vol 3 di indo? Gue rasa konsep sakamichi series lbh bs diterima di indo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan, ntar tampil di dahsyat dan eat bulaga. dih geli banget bahkan cuman ngebayanginnya aja wkwk

      kalo jkt mah serah dah suka2 JOT+Dentsu aja dan jangan dah kalo nonton teater mah biarpun rugi waktu, ongkos, tenaga, dan perasaan kesel wkwk

      Hapus
  2. Pengalaman pas hs begginer emang staff nya kelewat dingin tp saat itu msh fine2 aja min..
    Kl yg saya sayangkan event yg dibuat jot g seheboh yg di jepang tiket mahal tp biasa aja kl jepang tiket mahal tp bener2 keren...
    Dan yg paling nyesek liat untoldstory di gbk ya elah itu kayak panggung kampanye dari parte2 ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo hs mah selama ane masih gila juga sebenernya gak ada masalah kok, seenggaknya ane gak dirugiin soalnya beli tiket cuma dikit, paling banyak 8 itupun ane bagi 3, jadi kaga kena tuh backlash aturan 10 tiket satu antrian...
      tapi yang untold story ane gak bisa ngomong banyak, udah pensiun total dan sebodo banget, temen ane yang wota juga udah insaf ke nmb48 jadi akhirnya kita bedua jadi fans sayanee aja wkwk.
      tapi kalo liat dari foto-fotonya sih ya emang kayak kaga niat acaranya, mungkin terbentur masalah budget

      Hapus
    2. Jujur gw jga udh berhenti jdi Fans AKB48 dan sister groups nya karena karya mereka yg maksa. Setahun mereka bsa keluar 5 Single Album dengan belasan lagu tapi kualitasnya berantakan. Bikin pusing kepala dengernya.
      Terus konsep lesbian jdi populer dan keseringan kolab sama Rival groups, bener" keluar dari konsep awal. :(

      Hapus
  3. Kunjungi dan baca blog gue yang baru ya gan :)

    BalasHapus