Senin, 02 Januari 2017

Review Keyakizaka46 dan Nogizaka46 di Tahun 2016

Selamat tahun baru semuanya! Tahun yang baru semangat yang baru!
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sedikit mengenai kiprah idol grup favorit saya di tahun 2016 yaitu Keyakizaka46 dan juga Nogizaka46.

Mari dimulai, mulai dari Keyakizaka46

Keyakizaka46

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya mengenai perkenalan Keyakizaka46, saya menyebutkan sedikit impresi saya saat pertama melihat member-member keyakizaka. Hanya ada 2 member yang bisa menyanyi di level profesional, dan  member yang bisa nyanyi tapi gak istimewa. Bandingkan dengan Nogizaka yang memiliki 5 member dengan kualitas istimewa dan 4 yang bisa menahan nada. Meskipun begitu anak baru keyakizaka bisa nyanyi juga, dari 11 orang saya hitung ada 6 yang bisa nyanyi, itupun mungkin masih bisa bertambah karena minimnya screentime untuk mereka. Dari segi visual, keyakizaka kalah jauh jika dibandingkan nogizaka yang memiliki gadis-gadis muda Jepang paling cantik seantero negeri tersebut. Namun meskipun begitu kelebihan keyakizaka adalah tidak adanya member fugly seperti nogizaka yang punya akimoto manatsu, yang juga tidak berbakat namun tetap di-push.

Impresia keyakizaka lebih inferior dari nogizaka mungkin tidak berubah menurut saya, namun dari segi musikalitas, mereka juaranya di tahun 2016. Mereka tidak memiliki satupun lagu jelek di tahun 2016. Terhitung ada 20 lagu yang telah mereka rilis dan menurut saya jika lagu-lagu tersebut didistribusikan secara merata kepada AKB48 grup, yang saat ini sedang krisis rilisan bagus, mungkin mereka masih dapat relevan di mata publik, namun semuanya menjadi milik Keyakizaka. Lagu dengan image cool seperti silent majority, kataru nara mirai wo, otona wa shinjite kurenai, lagu dengan intrumentasi yang mewah seperti sekai ni wa ai sekanai, yuuhi 1/3, shibuyagawa, dare yori mo takaku tobe dan keyakizaka no uta lagu tema lawas seperti bob dylan, yamanotesen, shibuya parco kieta hi, noriokureta bus, lagu balad sederhana namun 'kena' seperi kimi ga inai, mata atte kudasai, seifuku to taiyou, aozora ga chigau, hiragana keyaki, futari saison lagu dengan tema musikal seperti te wo tsunaide kaerouka, lagu idol experimental seperti bokutachi no sensou. Semua lagu yang dirilis keyakizaka di tahun 2016 layak menjadi a-side di semua grup akimoto yasushi. Menurut saya ini adalah hal yang sangat bagus untuk orang-orang yang rewel akan kualitas lagu dibandingkan delusi seperti saya.

Dari semua lagu yang dirilis keyakizaka tahun ini bisa dibilang bahwa fokus dari Sony Music Entertainment Japan adalah untuk menggaet fans dari kalangan kasual sebanyak-banyaknya. Idol boom, fenomena yang dimulai oleh AKB48 di tahun 2010 dimana musik idol menjadi yang paling laku di Jepang sudah tidak lagi relevan, sehingga produser-produser idol grup tidak memiliki pilihan lain selain untuk membuat musik yang disukai oleh publik. Fenomena ini sama seperti AKB48 di tahun 2005-2013 dimana semua rilisan mereka hampir selalu bagus atau minimal ada satu lagu yang bagus.

Hasilnya dapat secara nyata dilihat. Semua lagu keyakizaka dan nogizaka hanya bisa diakses di Jepang atau menggunakan VPN Jepang, namun lagu-lagu dari keyakizaka mendapatkan jumlah view yang sangat banyak, seperti Silent Majority yang jumlah viewnya mencapat 34 juta lebih saat tulisan ini dirilis, lalu lagu single ke-2 mereka sekai ni wa ai shikanai yang telah dilihat 8 juta kali lebih dan terakhir futari saison yang sampai saat ini hampir mencapai 6 juta view. Dari sini terbukti bahwa animo rakyat Jepang terhadap keyakizaka sangatlah tinggi. Penjualan CD single mereka juga selalu meningkat bahkan silent majority memecahkan rekor debutan dengan penjualan terbanyak mencapai 300 ribu kopi terjual, lalu terus meningkat dengan sekai ni wa ai shikanai mencapai 350 ribu kopi lebih terjual, dan futari saison yang penjualannya mencapai 490 ribu, bahkan mungkin sudah menyentuh angka 500 ribu(angka-angka tersebut adalah estimasi kasar, malas untuk double check hehe).

Pencapaian-pencapaian tersebut membuat keyakizaka diundang ke acara musik paling bergengsi di Jepang yaitu kohaku uta gassen, dimana sangat sulit untuk masuk ke acara tersebut ditambah keyakizaka hanya berumur 8 bulan sejak debut. Jika tidak karena skandal kostum nazi untuk pesta halloween, mungkin keyakizaka akan memenangkan penghargaan artis terbaik, namun mereka tidak disertakan oleh acara penghargaan tersebut sehingga abomination dari korea, sebut saja ikon menang sebagai gantinya.

Dari saya pribadi saya sangat menyukai lagu berjudul kimi ga inai, b-side dari single pertama mereka yang tidak memiliki MV, namun sangat "kena" karena aspek emosionalnya dapet banget. Lagu kedua yang saya sangat suka adalah sekai ni wa ai shikanai. Agak sedikit susah menentukan lagu terbaik dari 2 lagu tersebut karena keduanya kena banget. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh ke kimi ga inai.
Untuk member terbaik adalah kami oshi saya, hirate yurina, masih 15 tahun namun sudah menjadi inti dari keyakizaka46, dan menjadi performer terbaik mereka. Pencapaian roket keyakizaka46 bisa dibilang 90% karena lagu dan 10% dari hirate yurina.

(versi tl;dr)
Keyakizaka46
pencapaian: debutan dengan penjualan terbanyak, silent majority lagu idol dengan view terbanyak di Youtube dengan 34 juta view lebih sampai dengan januari 2017, diundang di acara kohaku uta gassen
lagu terbaik overall: kimi ga inai
lagu terbaik a-side: sekai ni wa ai shikanai
lagu terbaik b-side: kimi ga inai
lagu terbaik unit/solo: mata atte kudasai (nagahama neru solo)
MV terbaik : sekai ni wa ai shikanai
member terbaik:  hirate yurina

Nogizaka46
Tahun 2016, nogizaka46 bisa dibilang mengalami penurunan dari segi kualitas musik namun mengalami peningkatan dalam hal penjualan. Tahun lalu narasinya lebih kepada keluarnya member-member penting seperti fukagawa mai dan akan menyusul hashimoto nanami di bulan februari.

Penurunan kualitas musik nogizaka dapat dimengerti karena semua lagu terbaik sudah diberikan kepada keyakizaka. Hampir mustahil sony music dapat memberikan semua lagu kualitas tinggi untuk idol grup mereka. 3 single mereka juga sebenarnya bagus tapi tidak mengesankan. Harujion ga saku koro menurut saya lagu a-side terbaik nogizaka, masih memberikan efek lagu nogizaka yang bagus, namun terasa seperti rilisan-rilisan nogizaka sebelumnya dalam kata lain, membosankan. Hadashi de Summer juga bagus namun tidak adanya interlude yang menjadi kekuatan summer single nogizaka membuat lagu ini menjadi ada yang kurang, lalu sayonara no imi, dari segi MV merupakan yang terbaik yang pernah mereka buat sekarang, namun lagunya hanya ada di level b-side yang biasanya saya skip karena membosankan. Namun meskipun begitu mereka masih merilis lagu b-side kualitas tinggi yaitu tsuribori, secret graffiti, lagu musikal ikuta erika, naimono nedari juga ano kyoshitsu.

Meskipun dari musikalitas nogizaka mengalami penurunan, namun secara penjualan 2016 menjadi tahun terbaik mereka. Semua single mereka terjual hingga 800 ribu kopi, album mereka sorezore no isu juga terjual sekitar 180 ribu kopi, bahkan untuk single sayonara no imi, mereka untuk pertama kalinya mendapatkan sertifikasi 1 juta kopi sejak 2011 dibentuk. Lalu angka penjualan yang mengalahkan AKB48 membuat mereka secara resmi memenangkan rivalitas dengan AKB48 meskipun hanya memiliki 1/10 lebih sedikit jumlah member. Pencapaian tersebut ditutup oleh diundangnya mereka ke acara kohaku uta gassen.

versi tl;dr
Nogizaka46
pencapaian : sertifikasi 1 juta kopi, kohaku uta gassen, penjualan tahunan mengalahkan AKB48
lagu terbaik overall : ano kyoshitsu
lagu terbaik a-side : harujion ga saku koro
lagu terbaik b-side : ano kyoshitsu
lagu solo/unit terbaik : tsuribori (nishino nanase)
member terbaik : saito asuka
MV terbaik : sayonara no imi

Konklusi
Keyakizaka dan Nogizaka sama-sama sukses di tahun 2016 sehingga membuat wakil dari AKB48 untuk kohaku uta gassen berkurang. Dari segi penjualan keyakizaka unggul dari semua sister grup AKB48, dan penjualan nogizaka lebih tinggi dibandingkan dengan AKB48 meskipun metode penjualan rilisan mereka identik. Namun kualitas lagu menjadi pembeda besar di sini.

Harapan dan Prediksi untuk 2017
Harapan saya untuk 2017 paling minimal adalah pengulangan pencapaian di tahun 2016. Namun saya akan memprediksikan akan terjadi penurunan kualitas musik untuk keyakizaka dan stagnansi untuk nogizaka. Akan sangat sulit untuk mempertahankan konsistensi dari kedua grup terlebih dari apa yang mereka capai di tahun 2016, namun saya harap penurunan ini tidak banyak.

Lalu member baru dari kedua grup yang sama-sama berkualitas tinggi akan menjadi sangat menarik untuk dilihat. Gen 3 nogizaka berhasil merekrut gadis-gadis paling cantik senatero Jepang dalam diri yamashita mizuki, umezawa minami, sakaguchi tamami,dan lain-lainnya, juga hiragana keyaki yang memiliki member-member potensial dengan kepribadian menarik seperti saito kyoko, sasaki kumi, sasaki mirei yang berbakat juga iguchi mao yang berkepribadian nyeleneh.

Tahun 2017 akan menjadi tahun yang menarik untuk sakamichi series.

salam,
riduch

11 komentar:

  1. klo masalah lgu nogi mengalami penurunan kualitas spertinya enggak tpi mengalami masa transisi yg dulunya cman lgu2 ballad coba2 ke genre lain kyk EDM kyknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda orang beda persepsi, tapi ya kalo ane sih udah expect kualitas musik nogi bakal turun/kualitas musik sister grup jelek, cuma salah satu, gak bisa dua-duanya.
      cuma ya serius ini opini pribadi hehe

      Hapus
  2. adminnya kurang piknik kek nya... nogi penurunan? anda lihat dulu komentar netizen2 jepang tentang nogi yang hal nya popularitas dan musik mereka semakin meningkat. kalau musik mereka kgk bagus mana ada penjualan mereka meningkat. seharusnya nih admin berpikir lah dengan logika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu jawaban: handshake events. kalo ngitung jualan fisik ya jelas ningkat, cewek2 nogi tambah terkenal dan tambah cakep. tapi kalo ngecek digital, lagu2 nogi di tahun 2016 gak ada yang tahan lama, abis release biasa 10 besar, tapi 10 besar mingguan aja kaga kok...
      penurunan musikalitasnya sih bukan ke jadi total unlistenable, tapi lebih ke gak masterpiece lagi kayak single2 di tahun 2016 kebawah sebelum harujion.
      dan btw semua ini opini pribadi ane, silahkan setuju atau tidak hehe

      Hapus
    2. iya sih masuk akal juga,tp sayonara no imi bagus tuh bisa dikatakan masterpiece.tp sayangnya di single 17 influencer nogizaka malah loncat ke genre EDM.dan sebagai penikmat lagunya ane gak bisa katakan penurunan sih,karna terbilang listenable banget tp sisi MV nya agak gimana gitu.

      Hapus
    3. gk tau sih gan, kalo ane di single sayonara no imi cuma demen ano kyoshitsu doang, sisanya udah lupa lagunya gimana, karena kaga nyangkut haha

      Hapus
  3. Keyakizaka serasa terlalu diperlakukan istimewa yak ? mereka banyak dapet penghargaan dari tahun ke tahun,penjualan album debut yang memecahkan rekor sampe ikutan kouhaku uta gassen yang mana belum genap setahun debut. Ane suka sih keyakizaka,tp gimana ya agak kasian juga sama Sister grupnya yang berjuang dari nol banget bahkan harus bersaing sama AKB48 hingga bisa sampe sekarang. Menurut lo min apa yang membuat keyakizaka bisa meledak-ledak di tahun-tahun awalnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut wa napa keyakizaka bisa meledak:
      1.lagu yang semuanya bagus
      2.lirik yang kuat

      Itu aja sih sebenernya, sekarang rakyat jepang kualitas musiknya lagi tinggi, kalo liat view yutub paling tinggi band-band ataun penyanyi solo serius macam radwimps, alexandros, bahkan sakanaction yang sebenernya indie. AKB sama nogizaka paling mentok di kisaran 8 juta buat rilisan terbaru mereka.
      Dari lagu dan lirik aja menurut ane udah lebih dari cukup menjelaskan kenapa mereka kuat sekarang. Tapi menariknya di sini kalo bisa bahasa jepang, terutama di mv silent majority banyak yang kecewa karena keyaki kalo live hampir selalu lipsync, "sayang-sayang lagu, bagus tapi lipsync terus", kira-kira seperti itu tanggapannya. Terbukti publik yang kaga demen idol aja sekarang pada demen keyaki, soalnya di jepang fans idol peduli setan mau lipsync apa kaga. Terus kalo bisa diundang cepet ke kohaku, penjualan single-single mereka sukses besar, single terbaru udah kejual 715rb kopi, nogizaka butuh sekitar 4 tahun buat angka segitu, penjualan digital juga kuat, makanya mereka bisa diundang ke kohaku

      Hapus
    2. Ya makanya kan kesian juga bisa "melangkahi" nogizaka46 secepet itu wkwkwk pas Nogizaka Koujichuu eps 87 yang spesial Nogizaka+Keyakizaka tuh keliatan awkward banget pas MC Keyaki ngejelasin kalau keyaki bisa cepet ikut kouhaku. Nah iya menurut ane juga gitu orang2 jepang mulai capek kayaknya ama musik2 akb sekarang.dan selain itu masyarakat jepang lebih suka idol original yang masih lugu2 dan fresh kayak keyaki,secara nogizaka yang sekarang udah rame bikini dan mulai kehilangan ciri khas nogizaka nya. Menurut ane sih wajar,mungkin keyakizaka juga dimasa depan bakalan seperti itu dan masuk lagi ke masa pergantian generasi.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nogizaka46 tuh lagunya lebih ke genre pop dan kostumnya lebih feminim,
    Kalau Keyakizaka46 lebih ke R&B dan kostumnya khas

    BalasHapus