Senin, 09 Februari 2015

Tulisan iseng tentang JKT48

Seminggu yang lalu gue seperti biasa youtube-an asal klik lalu terdampar di sebuah video stand up comedy-nya Kemal Pahlevi yang ngomongin vvota (fans JKT48) abis itu kan kalo di youtube ada namanya recommended videos di samping kanan, nah dari situ ada sugesti dari youtube buat sebuah video acara sahur yang pas Ramadhan 2014 kemaren gue tontonin tiap hari gara-gara satu orang. Yap, Haruka Nakagawa asal Jepang. Gue jujur suka banget sama si Haruka ini, mukanya imut banget! Kelakuannya juga koplak parah, pas masih di Jepang pun dia terkenal member yang berisik dan jahil, pas ke Indonesia sifat itu gak berubah ditambah sama bahasa indonesianya yang masih kebawa aksen Jepang. Imut, koplak, dan matanya sipit, tipe gue banget haha. Nah udah kan, tapi kecelakaan berikutnya muncul saudara-saudara. Gue yang udah gak bisa nemu video kelakuan koplak Haruka, akhirnya penasaran "nih orang kalo nyanyi gimana ya?" akhirnya gue lihat MV JKT48 yang judulnya Gingham Check. Rasanya kayak pertama kali liat video My Heaven-nya Big Bang dan Gee-nya SNSD, fix seharian itu sampai gue tertidur kira-kira 6 jam setelahnya gue replay terus itu lagu. Rada lebay sih tapi itu lagu emang super adiktif, MV-nya pun gak seperti MV Indonesian Pahacore Scene lainnya yang jelek dan plagiat, sangat-sangat memanjakan mata.

JKT48 sebenernya bukan hal yang baru buat gue, bisa dibilang gue secara pasif sejak awal dibentuk sebagai pelebaran sayap bisnis dari Dentsu Group yang menanungi semua grup48 (AKB,HKT,SDN,SKE,SHN,dsb) berkat beberapa temen gue yang suka banget sama AKB48, gue bahkan apal lagu Fortune Cookie bahasa jepang dan indonesia karena pas bulan oktober ke jepang kemaren gue dan temen-temen yang ikutan perform lagu ini. Tapi musiknya gak masuk aja sih ke gue pada waktu itu, kira-kira tahun 2011-an, dan pada saat itu gue lagi suka-sukanya sama yang namanya SNSD dan Big Bang, juga beberapa Kpop mainstream lainnya yang menurut gue musiknya lebih bagus buat dinikmatin ketimbang AKB48, lalu JKT48 tahun 2011 akhir pun dibentuk membawakan lagunya AKB48, gak ada bedanya juga jadi tetep blom suka, padahal temen-temen gue yang ngefans sama JKT48 udah nonton teater berkali-kali. Gingham Check bisa dibilang merupakan jendela bagi gue buat mendalami lagu-lagunya 48family, dan yap sekarang gue suka banget sama banyak lagu-lagu di dalam setlist macam Heart Gata Virus, Bird, Tsukimisou, dsb, karena mengingatkan gue sama masa kecil gue yang kerjaannya maen PS1, feel musiknya sama banget, berasa balik ke masa-masa indah itu *ceilah.

Hal lain yang membuat gue tertarik sama JKT48 adalah Senbatsu. Jadi di grup48 setiap setahun mau ngeluarin single baru, bakal diadain pemilihan buat menyanyikan single baru tersebut. Cara pemilihannya sebenernya kurang ngerti juga sih, tapi yang pasti harus beli album terbaru abis itu nanti voucher itu bisa dipake bakal nge-vote member buat nentuin peringkatnya, sama ada beberapa metode macem beli voucher vote sama nonton teater nanti dikasih kode bakal ngevote, cuman yah namanya juga wota noob yaudah kaga ngarti wkwk. Senbatsu ini menurut gue cara marketing paling keren dah, orang jadi beli album fisik di era pembajakan yang sangat masif ini. Trus manajemen 48family ini juga pinter banget dah kalo kata gue, kalo lagi gak era senbatsu di album fisiknya dikasih bonus voucher handshake, yang bisa dipake bakal salaman sama orang yang lo suka selama 10 detik, trus juga dikasih foto secara acak, nah kalo dapet foto yang bukan oshi-nya kan pasti beli lebih dari 1 album doi, trus kalo beli album banyak kan pas salaman bisa lama, malah kata temen gue ada yang beli sampe 15 album soalnya dia mau nyanyi buat melody. Kalo gue mah sayang broh, tapi misal ada pemilihan senbatsu lagi gue paling beli biar Haruka jadi center hehe.

Hal berikutnya yang gue suka adalah teater. Gue asumsikan udah tau tentang konsep 48family tentang "idol you can meet everyday", sama "tumbuh dan berkembang bersama fans" gak perlu gue jelasin lagi ya. Menurut gue teater ini keren banget! Kalo diitung mungkin keuntungan dari teater ini gak gede banget karena harus dipotong pajak hiburan sebanyak 20%, belom biaya pemeliharan, listrik, upah karyawan dan juga member yang orangnya ada 71. Tapi terlepas dari masalah duit ini, teater bisa menjadi ajang buat para member JKT48 yang bisa dibilang awalnya gak gitu punya bakat buat dance sama nyanyi bisa punya pengalaman perform yang nantinya bakal berguna buat mereka kalo memutuskan untuk graduate nanti dan memutuskan untuk menjadi artis solo, trus JKT48 juga dilatih supaya menghargai fans, ya meskipun bentukan fans itu ya macem-macem, tapi seorang artis hanya bisa menjadi besar jika fans-nya banyak saudara-saudara. Karena pada akhirnya fans-lah yang membeli album, nonton konser, atau membeli pernak-pernik artis tersebut.

Itulah beberapa hal yang membuat gue tertarik ngikutin dunia 48family, tapi yang paling gue suka tetep lah JKT48, soalnya kakak-kakak Jepang mereka kalo nyanyi cempreng banget, trus dance-nya gue liatin kok bagusan JKT48 ya? Entah koreografernya dewa atau emang bakat dance membernya gede atau gue orang Indonesia jadi gue ngeliat dance JKT48 lebih bagus? Semua balik ke selera masing-masing ye gak? Sama terakhir JKT48 punya Haruka Nakagawa, kakak-kakaknya gak punya hehehe.

Sekian tulisan saya tentang JKT48 dan 48family lainnya, tulisan saya berikutnya adalah pengalaman pertama nonton teater hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar